15 Sep 2010

Share: Pengen Jadi Pengajar Muda di Indonesia Mengajar..? Lets see..

Posting..Posting..Posting..
Pengen posting lagi.

Ada beberapa request dari teman2 di fesbuk agar bisa men-sharing bagaimana bisa terdaftar jadi pengajar muda di PROGRAM INDONESIA MENGAJAR.

Kasih taau nggaa yaaah?

Hmm... Oke lah langsung aja cekidot..

Pertama: Kita harus tahu dulu info pendaftarannya mulai kapan sampai kapan. Kalau tahun ini kan terakhir bulan Juli. Sepertinya tahun depan akan lebih maju. Silahkan sering2 cek di www.indonesiamengajar.org
Atau ikuti pages nya di pesbuk: indonesia mengajar
Dan sekalian twitternya: @pengajarmuda
Tujuannya agar selalu update tentang semua inpoh2 mengenai program ini.

Kedua, pastikan syarat dan kriterianya tuh ada di diri anda2 sekalian.
Syarat2 tahun ini yang baku, harus dipunya.
Yang pasti harus udah lulus, fresh graduate(lulus 2 tahun terakhir sblm daftar), ipk 3,0, usia max 25 tahun. Dan yang pasti mau hidup di daerah terpencil. Syarat2 sisanya sich dirasa tidak terlalu kaku, masih bisa nego begitu kurang lebih.

Nah, kalo kriterianya udah pas dengan anda2 sekalian, terus udah mulai pendaftaran. Langsung saja daftar.
Tahun ini daftar awal via internet/online.
Dan yang pasti di websitenya indonesia mengajar bukan blog ini..

Banyak sekali pertanyaan yang diajukan terkait dengan diri pribadi, pengalaman2 selama hidup dan pastinya motivasi mengikuti program dan juga tujuan jangka panjang anda2 sekalian.

Tahap ini sangat menentukan sekali. Jadi isi dengan penuh rasa serius. Jangan terlalu lebay juga sich, tapi harus benar2 “menonjolkan” apa yang kita punya. Hal-hal yang sekiranya membuat kita hebat hendaknya ditulis disini. I'm seriously guys.
Pengalaman dan prestasi apalagi, wajib ditulis. Jadi buat anda-andi yang ikutannya 1-2 tahun lagi, cari pengalaman dan prestasi sebanyak-banyaknya, minimal ngajar jadi asdos atau private/bimbel.
Tidak wajib punya pengalaman tapi akan sangat mendukung.
Sebagai gambaran tahun ini yang mendaftar di tahap ini 1383 orang.. Wow luar biasa banyak. Dan yang lolos ke tahap berikutnya cuma 160 orang.. Jadi lumayan ketat seleksinya cuma orang hebat dan bisa menginspirasi aja yang bisa lolos. Dan anda pasti salah satunya, tetep semangat memperbaiki diri dan mencari 'sesuatu' yang baru dan bisa anda jadikan modal untuk ikutan program ini.

Kalau anda sudah lolos tahap 2, patut di acungi jempol. Di tahap 2 namanya “direct assesment.” di tahap ini kita akan ketemu orang-orang hebat lainnya. Tahun ini kebanyakan yang daftar dari UI dan ITb.

Di tahap direct assesment ini kegiatannya full dari pagi sampai sore.
Terbagi-bagi jadi beberapa bagian..
Ada (sejenis) psikotes, Self Presentation(memperkenalkan diri secara singkat), problem solving (ada satu masalah 'kompleks' yang harus diselesaikan, individu), FGD (Focus Group Disscusion), dan simulasi mengajar (siapkan materi pelajaran yang paling menarik, anda kuasai dengan cara paling kreatif dan dimengerti oleh muridnya).

Tahap 2 cukup melelahkan pastinya tapi pasti akan sangat menyenangkan karena yang saya rasakan nyaris tidak ada rasa persaingan, kita (pelamar) semua saling mendukung,

Jika tahap 2 sudah dilalui dan lolos.. Anda akan menuju tahap selanjutnya..
Medikal check up..
Standarnya medical check up seperti kerja di perusahaan lain.
Semuanya di chek yang ada di diri kita..
rontgen, cek darah, cek urine, pendengaran, penglihatan, dokter umum, jantung, pokokna mah sadayana..

Setelah dinyatakan lolos tes kesehatan. Maka tinggal tandatangan kontrak..
Dan bergabung dengan Yayasan Indonesia mengajar sebagai Pengajar Muda.

Setahun tinggal di tempat yang katanya terpencil..

Tapi sebelumnya akan ada pelatihan dulu selama 6 minggu. Saya belum tahu pelatihannya apa ajah, karena baru nanti 5 hari lagi. Tetep follow blog ini kalo mau tahu.

Satu lagi serunya pas ngelewatin tahap 2. Anda akan sangat dihargai, diperlakukan layaknya 'artis ibukota', ada beberapa kamera yang selalu merekam kejadian2 itu. Di foto2 tanpa sadar dan diwawancarai seperti layaknya artis yang baru bikin video klip.. Lebay.co.id.
Ho3x..

Masih ada waktu beberapa bulan untuk mempersiapkan apa yang belum anda miliki saat ini. Jadilah diri anda sendiri dan bagikan inspirasi kepada orang-orang disekeliling anda.

Doakan saya agar menjadi pengajar muda yang bertanggungjawab dan berkualitas.

sumber gambar: www.indonesiamengajar.org.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar