8 Sep 2010

Nama Pena

Buat seorang penulis, nama pena menjadi sebuah pilihan yang dilematis. Dilematis kenapa? Maksudnya, disatu sisi, nama asli kita merupakan pemberian dari orang tua, dan pastinya ortu kita tuh punya tujuan khusus ngasih nama kita seperti itu (misal: muchammad syukur.. Pasti orangtuanya pengen anaknya mengikuti nabi Muchammad dlm segala kesehariannya dan juga slalu bersyukur dengan segala yang dimilikinya-mungkin kurang lebih begitu-)
Mengingat nama itu adalah doa jadi pastilah orang tua kita ngasih nama yang sebagus2nya buat kita.. (Tapi ga tau juga sama orang tua anda sekalian.. Soalnya jaman 2010 masih aja ada yang namanya Tukimin atau Sarkonah. Hoho..)
Tapi disisi lain, bagi seorang penulis berbagai alasan tertentu membuat mereka harus meninggalkan nama asli mereka. Alasan tertentu itu bisa aja.

1. Namanya kurang keren, ngga earcatching begitu jika dia jadi penulis.. Misal Tukidjo. Jadi kalo dia bikin buku, LASKAR PELANGI karya TUKIDJO.. Kurang enak kan yah?
Jadi lebih baik pake nama pena biar lebih marketable.

2. Namanya terlalu panjang atau terlalu pendek jadi kurang enak juga kalo ditulis dibuku/web/blog. Misal. Temen saya ada yang namanya: RIO atau ada juga cuma GUSTAM
Lagian kurang gimana gitu. kalo yang namanya terlalu panjang malah terlalu ngabisin tempat di profil nya misal temen kampus saya namanya Ahsan Abduh Andi Sihotang atau ada juga Virgin Valentine Hari Kedua. I think It's too long guys..

3. Alasan ketiga adalah ingin misterius, dan ga diketahui nama aslinya.. Jadi seakan-akan ingin membuat jarak antara penulis dan pembacanya.

4. Kurang pas antara penulis dengan segmentasi tulisannya. Misal Dadang Sukandar menulis novel untuk fiksi, kan kurang sreg juga tuh.

5. Namanya susah diucapkan. Kan kadang ada juga nama2 yang berbau Arab-arab gitu, pake kolkolah dan ada mahrojnya jadi susah nyebutnya, jd lbh baik pake nama pena aja.
Apa lagi yah alesannya?
Silahkan tambahkan sendiri.
Buat para penulis atau bloger, Sudahkan anda punya nama pena ?

Ngga harus juga sich penulis punya nama pena. Itu hanya sebuah pilihan. Bisa juga nama pena diatur sama penerbit bukunya biar lebih ngejual.

Ada baiknya juga kita tetap menggunakan nama pemberian orang tua kita.. Walaupun tidak sedikit juga penulis yang udah sukses dengan nama penanya, misal: Asma Nadia, Pipit Senja, J.K.Rowling dll.
So, Up to you.

Nb: mohon maaf jika ada kesamaan nama tokoh,

Dari berbagai sumber.

4 komentar:

  1. desni pake nama asli dong kak... soalnya nama desni udah keren dari sononya ahahaha...

    BalasHapus
  2. huhu.. Sangat senang sudah dikunjungi tim sukses saya kala itu..

    Semangat terus buat menulis.

    BalasHapus
  3. berarti nama RUSDI ga komersil yah?

    BalasHapus
  4. buat mba uti..
    Bukan karena komersil atau ngga. Tapi ingin menampilkan imej baru ajah..
    Hoho3x

    BalasHapus