8 Sep 2010

Iklan Ramadhan

Ramadhan membawa sedikit perubahan bagi dunia periklanan di Indonesia. Setidaknya itu yang saya liat pada menjelang idul fitri ini.
Menurut pandangan saya yang ceritanya anak komunikasi, iklannya lebih kreatif dan sarat akan makna.

Beberapa iklan pada saat ramadhan yang sering banget diputerin di teve-teve pada saat ramadhan tahun ini diantaranya adalah iklan AXIS dan iklan DJARUM SUPER.

Pasti udah pada tau semua iklannya..(kecuali yang ga punya tv dirumahnya, atau ga pernah nonton tv karena tuntutan karier.. Huhu.. Kasian sekali anda..)

Menurut saya iklannya simple dan pastinya punya makna yang bisa mengINSPIRASI.

'IKHLASLAH MENOLONG SESAMA''

Itu kalimat yang diucapkan seorang kakek pada muridnya..
Entah siapa nama pemeran kakek tua dan muridnya itu.. Ga penting juga c.

Tapi Diantara kedua iklan yang saya sebutkan diatas yang paling 'nendang' itu iklannya Djarum Super, kalo menurut saya yah.


''SABAR DIKIT KENAPA?''

Ya, itu kalimat yang diucapkan oleh si suami ketika istrinya bertanya.

''JADI IKUT NGGA SICH IBU KAMU?''

Dengan nada yang teramat jutek tentunya.

Menurut prediksi yang saya miliki, suami istri dan ibunya si suami itu mau buka puasa diluar, dan udah aga telat sepertinya. Karena udah jam setengah 6 lebih.
Tapi pas si suami ngeliat ibunya, ibunya masih siap-siap gitu, karena mungkin udah tua juga sehingga pergerakannya mulai melambat.

Tapi yang saya suka pula dari iklan itu adalah ternyata ada kelanjutannya. Di seminggu menjelang idul fitri, di iklan itu diliatin kalo si istri yang jutek itu minta maaf -sungkem- kepada mertuanya atau ibunya si suami.
Like this banget.

Dari iklan ini ada beberapa hikmah yang mengINSPIRASI kita semua, terutama saya:

1. Hendaknya menjaga hubungan baik antar sesama anggota keluarga. Hendaknya pula membiasakan memanggil ibu, mama atau pun yang sepantasnya kepada mertua kita.
Kalo di iklan itu jelas banget ga sopannya si istri bilang 'IBU KAMU' padahal ibu mertua kan ibu kita juga..
(Bener ga yah? Walaupun saya blm punya mertua)

2. Memilih calon istri yang baik budi pekertinya. Jangan yang jutek. InsyaAllah saya sudah menemukannya..
Ups..

3. Kalo mau buka puasa diluar, hendaknya mempersiapkan diri dari jam-jam sebelumnya. Jangan jam setengah 6 baru mau berangkat. Pengalaman saya yang beberapa kali buka puasa di luar sich, pasti kaga bakal dapet tempat. apalagi buka puasanya di botani square..
Huhu.. Curcol.com

4. Saling memaafkakan itu begitu indah.
Jadi sebesar apapun salah kita, beranilah untuk meminta maaf terlebih dahulu.

Terlepas dari yang mengiklankan itu iklan rokok. Saya sangat mengapresiasi iklan ini.

Selamat menyambut idul fitri.
Salam penuh cinta luarbiasa.

-Ruskha Kenzia-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar