10 Des 2010

Membuat LDR Tetap Bertahan

 

image

 

LDR atau Long Distance Relationship, tentu  sudah banyak orang yang membahas mengennai masalah ini, bagaimana menghadapinya dan segala yang berhubungan dengan LDR. sekedar hanya ingin share saja kepada orang yang kebetulan lewat di catatan blog saya.

Apa sih LDR?

Pacaran jarak jauh, pacaran yang pake telpon, atau simplenya sih, aku disini engkai disana. nggak mesti pacaran ajah mungkin, bisa ajah membina suatu hubungan yang terpisah oleh jarak, beda kota, beda pulau, atatu bahkan beda negara.

enak dan enggak enaknya LDR?

menurut pendapat saya, yang pernah merasakan hal ini, sepertinya sangat banyak hal yang tidak enak dibandingkan dengan pilihan yang satu lagi. oke, kita bahas satu persatu.

nggak enaknya apa? . . .  nggak bisa melakukan komunikasi primer sesuka kita, padahal kita tahu bersama kata bapak tebe,  menurut teori komunikasi dasar bahwasanya komunikasi primer tidak bisa digantikan oleh komunikasi sekunder, jadi bertemu tatap muka beda banget dari hanya sekedar bertelepon ria atau smsan ria, apalagi berkomentkoment ria dia fb or twett. enggak enak nya lagi. terasa sangat menyiksa kalo kita lagi pengen ketemu, atau ada masalah yang pengen diceritain langsung ke pasangan kita yang lagi jauh. Mungkin malah nyari pelampiuasan ke orang lain…

kalo enaknya ada ngga yah? enaknya sebenernya hampir engga ada, bagi sebagian orang mungkin bisa saja LDR dijadiin ajang buat nyari selingan tanpa bisa diketahui pasangan yang sebenarnya. *bukan curhat pribadi…

lalu bagaimana yah agar yang tidak enak-enak pas LDR menjadi enak?

atau gimana yah biar hubungan kita tetap awet saja ketika LDR?

sebenernya ini juga menasehati diri sendiri, hehehe…. sepertinya ada yang rusak pada otot-otot syaraf saya atau saya sedang menderita penyakit gila no 17 versi Andrea Hirata sehingga beberapa hari ini selalu miss communication dengan seseorang di luar sana, (berharap kamu baik2 disana).. okeh langsunga ajah cekidot dengan cara2nya versi saya, dari berbagai sumber sudah saya sarikan… sekali lagi ini jua untuk menasihati diri sendiri..

  1. komunikasi, inni penting banget pastinya, secara terpisah oleh jarak, dan tidak memiungkinkan komunikasi secara primer maka telpon dan sms adalah solusinya. usahakan selalu jalin komunikasi dengan dia, minimal sehari sekali,, entah itu sms atau telepon, untuk menanyakan kabarnya hari ini. sudah makan? pake baju apa?  atau pertanyaan simpel lainnya yang fungsinya untuk nunjukin perhatian kamu. tapi ingat kawan, inget juga keluarga, jangan sampai komunikasi kita dengan keluarga malah lebih jarang dibandingkan dengan pasangan kita yang belum menjadi keluarga kita.
  2. komitmen, komitmenb untuk saling percaya dan tidak akan melakukan hal yang tidak terpuji, apakah itu? silahkan dijawab di dalam hati, jika kita percaya dan memberikan kepercayaan penuh maka seharusnya ada timbal baliknya juga, jadi mulailah dengan mempercayakan pasangan anda, percaya bahwa pasangan anda akan setia dan melakukan yang tidak anda inginkan, seharusnya pasangan anda pun percaya pada anda.
  3. Dibawa enjoy ajah.. ketika banyak orang yang merasa tersiksa dengan hubungan yang seperti ini, mari jernihkan pikiran kita dan selalu buat sesuatu yang ada menjadi lebih menyenangkan, buatlah beberapa surprise kecil untuk pasangan anda. misal mengirimkan surat-surat cinta lewat email atau menelponnya di pagi hari buta hanya untuk mengucapkan selamat pagi dan banyak hal lagi yang isa dilakukan. buatlah jarak bukan menjadi halangan namun menjadi tantangan bagi pasngan yang sedang menjalani LDR.
  4. segera pulang, pasangan anda sudah nmenunggu anda dengan berjuta harapan.. selesaikan pekerjaan anda dengan baik dan kumpulkan harta sebanyak-banyaknya, buatlah LDR menjadi SDR (Short Distance Relationship)

 

saya tidak tahu apakah ada hubungan nya antara LDR dengan keharmonisan pasangan, namun jika dilihat-lihat pasangan LDR seharusnya lebih sedikit mendapat masalah karena lebih sedikitnya komunikasi yang terjadi dibanding dengan pasangan yang SDR, karena biasanya terlalu sering komunikasi juga banyak mengahadirkan masalah. walaupun sebagian wanita terkadang menuntut tinggi nya intensitas komunikasi ketika LDR dan hal itu yang menimbulkan masalah. jadi intinya adalah setiap hubungan pasti memiliki masalahnya masing-masing.

semoga jarak tidak menjadi masalah bagi siapapun yang sedangmenjalani hubungan. teruslah berpositif thingking.

semoga saya bisa mengambil hikmah dari apa yang saya tulis malam ini.

saya tuliskan di malam sabtu tanggal 10 desember. genap satu bulan saya meninggalkan kehidupan saya di kota kelahiran, meninggalkan keluarga, rumah dan seseorang yang selama ini menemani saya.

dituliskan bersama suara gerimis yang turun dan gerungan mesin diesel yang menandakan listrik masih menyala.

Tulang Bawang barat, 10 desember 2010

cheers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar