12 Des 2010

EKSPEKTASI

 

 

Beberapa minggu ini, kami tim Indonesia Mengajar Tulang Bawang Barat agak menjadi sering untuk berkumpul bersama, menyamakan persepi dan konsolidasi mengenai hal-hal terkait dengan program dan Indonesia mengajat secara keseluruhan.

seiujurnya agak sulit untuk bisa berkumpul dengan mereka dan melintas kecamatan. Jalannya sangat menantaang, motoir yang kita naiki bagiakan perahu dan kita akan sering sekali menjumpai ombak darat. amat bergelombang. adakalanya seru ketika menemui jalan-jalan yang miring dan harus dilewati namun disisi lain amat menyebalkan ketika jalanan becek dan licin akibat hujan pada malam sebelumnya. Pernah satu kali, kaki saya terjerambab menerobas tanah-tanah yang tidak seharusnya dilalui ban motor. IMG_0536saya salah jalan. Akibatnya saya harus mearik ulang motor saya ke belakang dan melalaui jalan lain, saya masih ingat, kejadian itu ketika saya, fasil dan Hasan harus “menculik” Yuriza dari rumahnya dan berkumpul bersama kami di Pasar Unit 2.

namun kadang-kadang ada kepuasan batin setelah melihat wajah-wajah penuh senyum para pengajar muda yang lain, kelelahan duduk diatas motor selama satu jam lebih dan melalui jalan ya ng becek akhirnya sirna seiring dengan tatapan mata mereka dan mendengar suara mereka.

******

ada beberapa hal yang saat ini menjadi masalah yang sedang kami coba atasi bersama. ini masalah EKSPEKTASI. Sejujurnya sangat sulit berhadapan dengan kata yang satu ini. Ekspektasi berkaitan dengan harapan. Terkadang kita salah menaruh ekspektasi kita terhadap sesuatu. terlalu rendah, terlalu tiunggi atau tidak sesuai lah.

ada kalanya kita mendapatkan sesuatu hal yang tidak sesuai dengan harapan kita, tidak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

ini bukan masalah pengabdian, bukan masalah kehormatya, bukan pula masalah pengajaran, namun ini masalah ekspektasi.

******

Berharap Tim Tulang Bawang Barat bisa memberikan seuatu yang berguna bagi pihak-pihak yang terlibat dalam Indonesia Mengajar dan dunia pendidikan Indonesia.

dan untuk para pemberani yang idealis di Kabupaten, jangan biarkan ketidaksesuaian dengan ekspektasi yang pernah diharapkan menjadi halangan bagi kita untuk terus memberikan inspirasi.

Miss U all…

Rusdi Saleh Untuk Indonesia Mengajar.

12 Desember 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar